Wednesday, December 30, 2015

Pengalaman terbang bersama udara singa :D

Baru baca berita curhatan seorang penumpang pesawat maskapai singa, duh ya Allaah ngeri banget.
Saya yang ikutan baca jadi ikutan mencelos hatinya.

Sekedar sharing, dulu jaman kuliah saya penumpang setia maskapai singa itu.
Yah, kuliah di Banda Aceh dengan domisili orangtua di Bekasi membuat saya harus mencari maskapai penerbangan termurah untuk bisa tetap pulang saat ada kesempatan libur panjang, mengingat kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan ditambah uang kuliah kedokteran yang mahal. Hehe :')
Penerbangan Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya yang saya tempuh setahun 2x tidak pernah ada masalah. Selalu on time. Sungguh alhamdulillaah.

Jadi ceritanya di tahun 2010 awal, sekitar pertengahan februari saat liburan semester ganjil, saya pulang ke Bekasi. Bertepatan dengan moment Ayah saya mau dioperasi saat itu, alhamdulillaah timingnya pas dengan saya yang libur selama sebulan.

Sebulan berlalu dan saya harus kembali ke Aceh di bulan maret. Nah, di awal semester selalu diawali dengan small group discussion (SGD) dengan 1 orang tutor yang diadakan setiap senin dan kamis. SGD ini wajib masuk, maksimal absen 2x, lebih dari 2x dinyatakan kalah dan harus mengulang 1 blok. Dan saat itu kebetulan saya dapat tutor spesialis yang mengharuskan setiap mahasiswa wajib masuk di hari pertama blok baru dimulai.

Di sini kenekatan saya bermula. Hehe. Karena pengen selama mungkin ada di rumah, maka saya tidak ambil tiket pulang hari minggu, tapi senin. Jadi dari bandara saya berencana langsung cuss ke kampus karena masuk jam 12.00 wib. Biasa landing 11.10 wib dan jarak bandara-kampus lumayan dekat, jadi pasti terkejar, pikir saya saat itu. Jadilah saya ambil tiket pulang senin pagi, ya karena itu. Sepengalaman saya naik pesawat singa itu ya selalu on time dan tidak ada masalah.

Nah, masalahnya saat itu justru di perjalanan menuju bandara. Sudah cabut dari rumah jam 5 pagi, tapi namanya Jakarta yah, senin pula. Ngarepin apa? Macet parah ya, itu udah pasti. Hahaha.
Paling telat check in jam 8.10 wib dan jam 7.15 masih stuck di gerbang tol dalam kota.
Bok, plis deh. Lewat tol Grogol sampe ke Cengkareng ditempuh kurang dari 1 jam? Di hari senin di Jakarta? Ngimpi! :))))
Ayah saya udah gelisah, apalagi saya. Jangan ditanya. Itu kursi mobil berasa kek berkerikil, bikin gak betah duduk. Keringet dingin udah pasti. Udalah, pasti ditinggal deh ini. Pesawat singa itu kan on time banget. Saat itu. Bahahahak...

Akhirnya, lupa ide siapa, ada yang saranin ambil jalan lewat tol yang ke arah Cempaka Putih. Emang lebih jauh, tapi biasanya lancar. Karena kalo tetep nekat lewat tol Grogol, udah lah gausa diharap. Langsung deh pelan-pelan ambil jalur kiri buat masuk tol dalkot yang ke arah Cempaka Putih. Bener aja lancar. Alhamdulillaah kang Jaya yang nyupirin mobil waktu itu bisa lumayan ngebut dan alhamdulillaahnya nyampe bandara pas jam 7.55 wib.
Mepet parah! :)))))

Trus, beneran saya take off jam 8.40 wib sesuai jadwal. Syukurnya lagi Ayah nggak ngomel. Ayah gelisah karena takut saya ditinggal dan tiket hangus. Saya keringet dingin karena takut ditinggal trus harus ambil flight sore dan gak bisa sampe kampus on time trus dianggap kalah 1 blok dan gak bisa lulus tepat waktu, trus gak bisa koass tepat waktu dan jadi dokter tepat waktu juga. Trus.. Trus... #halah :))))
Syukurnya hal itu nggak terjadi, semua berjalan sesuai rencana. Alhamdulillaah.
Ayah nggak ngomel ya karena nggak tau alasan itu. Hehe. ����������
Kalo tau ya wassalam deh saya pasti diceramahin sepanjang jalan. Dan mungkin beneran ditinggal pesawat karena pasti suasana udah keruh so gak bakalan muncul ide untuk ambil jalur alternatif. Maaf ya Ayah. ��������

Jadi ya inilah sharing saya soal maskapai tersebut. Dulu on time dan gak ada masalah. Sepengalaman saya yah. Baik dari Banda Aceh-Jakarta atau sebaliknya. Gak tau kenapa sekarang kok udah amburadul gitu. Gak kebayang gimana nasib kuliah saya kalo saat itu maskapai ini udah kebiasaan ngaret atau yang lebih parah berangkat lebih awal dari jadwal kayak yang pernah terjadi beberapa waktu yang lalu, banyak penumpang ketinggalan. Duh ampun deh. Semoga cepat ada perbaikan, dan kembali kualitasnya seperti beberapa tahun yang lalu. Aamiin.