Friday, December 5, 2014

Meninggalkan Ayah Bunda untuk mengabdi kepada orang (yang tadinya) asing. :D

Lagi kepengen rajin-rajinnya ngeblog. Terserah mau nulis apa tapi someone once said, yang penting lo nulis Ta. Iya, semangat sih. Tapi mau nulis ini juga ngumpulin niat dulu. Trus pas moodnya dateng, bingung mau nulis apa. Pas idenya ada, moodnya udah mabur lagi. Gitu aja terus sampe lebaran kuda.

Sungguh isi tulisan yang tiada berfaedah! Hahahahaha. Abaikan!

Yak seperti yang udah gue ceritain di postingan sebelumnya, gue udah nikah. Dan seakan udah berpengalaman banget, banyak yang nanya-nanya soal kehidupan rumah tangga dan minta nasehat dari gue. Halah. Usia pernikahan gue juga baru seumur jagung banget. Bulan ini baru mau 1 tahun. Masih minim banget kan pengalaman gue pastinya. Tapi di satu sisi alhamdulillaah juga kalo ada yang minta nasehat atau sekedar curhat dan sharing atau nanya-nanya sama gue. Artinya orang itu percaya sama gue. Tengs ya kawan. :p

Gue sadari, jalan ke depan yang akan gue lalui bersama suami tuh masih panjang banget. Kerikil-kerikil dalam pernikahan bakalan masih banyak banget yang akan gue dan suami hadapi. Permasalahan yang kami hadapi sekarang saat masih berdua pasti akan jauh berbeda dengan permasalahan-permasalahan yang akan kami hadapi nantinya setelah anak kami lahir. Tapi sebagai orang dewasa yang sama-sama mau untuk selalu belajar, insya Allaah kami berdua siap.

Salah satu yang pernah ditanyain oleh beberapa temen gue soal pernikahan ini adalah, gimana sih Ta rasanya menikah trus dibawa sama suami lo jauh dari orangtua? Apa nggak kangen? Apa nggak homesick? Kok berani sih nikah sama orang yang bakalan bawa lo pergi jauh dari jangkauan orang tua, ketemu paling nggak setahun sekali atau dua kali. Dan begini. Dan begitu.

Iya, gue emang nikah sama orang yang kampungnya jauh dari kampung halaman gue. Gue nikah sama orang yang berdomisili di tempat gue kuliah. Gue sendiri orang Bekasi. Dan suami gue orang Aceh. Asli. So jelas kalo setelah merid gue dibawa dese ke daerah asalnya. Kita nikah di Bekasi. Nggak lama setelah akad nikah dan resepsi di tempat gue, kami berdua langsung cabut ke Aceh karena gue mau yudisium profesi dokter waktu itu. Iya, dari gue nikah sampe ikut suami cuma berapa hari ya, ga sampe seminggu gue tinggal di rumah orang tua di Bekasi. Sedih sih, karena gue udah 5 tahunan jauh dari orang tua, selesai koass cuma jeda 2 minggu gue merid dan gak lama kemudian gue pun diboyong sama suami ke Aceh.

Pas ditanya, berat gak Ta jauh dari orang tua? Hmmm, kalo ditanya berat ya gue jawab berat gak berat. Berat ya karena itu tadi, gue udah merantau lama jauh dari orang tua, pas udah kelar kuliah juga gak bisa lama-lama lagi sama Ayah Bunda. Udah harus ikut suami. Tapi nggak terlalu berat karena ya gue kuliah di Aceh 3,5 tahun sendiri dan kemudian lanjut koass di Binjai dan Medan, sendirian juga. Intinya gue udah lumayan terbiasa jauh dari orang tua, jadi dirasa-rasa ya nggak berat banget.

Tapi satu hal yang gue bilang juga sama temen yang nanyain hal kayak tadi sama gue. Apa itu? Gue bilang, selama suami kita baik, perhatian, sayang dan memanjakan kita, yakinlah kalo kita gak bakal merasakan kekurangan kasih sayang. Klise ya? Tapi ya emang itu yang gue rasakan. Jadi pertanyaan kenapa mau sama laki-laki yang bawa lo jauh dari orang tua, ya karena itu. Karena suami gue selalu meyakinkan gue kalo gue gak akan sendirian, kalo gue tetep akan merasa di rumah walau gak sama Ayah Bunda, kalo gue justru akan merasa homesick saat gak ada dia. Kenapa yakin sama dia? Karena dia berhasil membuat gue yakin. As simple as that. :')

Tapi tetep, peranan orangtua emang gak terganti. Ada kalanya gue ngerasa kangen banget sama Ayah Bunda sampe nangis. Apalagi tengah hamil gini. Rasanya mau selalu ada di deket Bunda, ibu kandung kita sendiri. Dan ngeliat kenyataan gue sekarang jauh dari Bunda, jelas ni air mata tumpah. Tapi sekali lagi, dia berhasil buat gue gak ngerasa sendirian. Pelukan suami bener-bener menyembuhkan. Ya gue berhasil tersenyum dalam tangis kalo lagi kangen Ayah Bunda. Karena dia. Karena dia yang selalu bilang, "ada aku yang akan selalu membuatmu nyaman." :'D

Jadi, sebelum memutuskan untuk menikah dan meninggalkan kehangatan cinta Ayah Bunda kita untuk mengabdi pada seseorang yang sejatinya asing bagi kita, yakinkan dulu hatimu. Yakinkan dulu dirimu. Diakah orangnya? Diakah orangnya yang akan membuatku selalu merasa di rumah dengan segala kasih sayang dan perhatiannya? Diakah yang membuatku akhirnya berhenti mencari? Diakah yang akhirnya membawaku pada satu kalimat pasti, "ya, aku yakin kamulah orangnya".

Satu hal buat gue, mengutip ungkapan seseorang, yaitu : "home is wherever your husband is". Yes, I do believe. :')))))

No comments:

Post a Comment